Semprotan Gas Beracun dari Kawah Ijen
Semprotan Gas Beracun dari Kawah Ijen

Semprotan Gas Beracun dari Kawah Ijen

Sharing is caring!

Semprotan Gas Beracun dari Kawah Ijen

Lembar Peristiwa – Jalur pendakian ke Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur ditutup mulai sejak 22 Maret 2018. Penutupan dikerjakan karena ada letupan di kawah yang menyemburkan gas beracun ke ruang permukiman warga.

” Supaya tidak kecolongan, sekarang ini, beberapa petugas dari BPBD (Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah), KSDA (Konservasi Sumber Daya Alam) serta kepolisian disiagakan di tempat, ” kata Kepala BPBD Banyuwangi Fajar Situasi.

BACA JUGA : Panduan Dan langkah bermain poker online

Terlebih dulu, semprotan gas beracun dari Kawah Ijen itu mengakibatkan 30 warga di 3 dusun dirawat di puskesmas serta rumah sakit. Beberapa korban menanggung derita mual serta sesak nafas. Diluar itu, 200 warga harus juga diungsikan.

Disamping itu, status Gunung Ijen masih tetap normal pada level 1. Tetapi, memanglah ada penambahan gempa vulkanik yg tidak penting mulai sejak 18 Maret 2018.

Perawatan Korban

Kepala Bagian Mencegah BPBD Bondowoso, Jawa Timur Winarto menyebutkan, 24 warga korban keracunan gas Kawah Ijen dirawat di Puskesmas Kecamatan Ijen serta 4 korban di Puskesmas Kecamatan Tlogosari. Sedang 2 korban yang lain dirujuk ke Tempat tinggal Sakit Umum (RSU) dr Koesnadi Bondowoso karna keadaannya lemah.

” Tetapi pagi hari ini, kami memperoleh info dari rekanan di lapangan, keadaan 30 korban semuanya telah mulai lebih baik, ” tuturnya.

Radius Sebaran Gas

Kepala Resor Taman Wisata Alam Gunung Ijen Sigit Ariwibowo menyebutkan, Kawah Ijen keluarkan gas beracun pada Rabu malam sekitaran jam 19. 00 WIB. Tetapi belum juga di ketahui berapakah radius penebaran gas itu.

” Sebelumnya keluarkan gas beracun berlangsung ledakan (letupan) dari Kawah Ijen serta asap ikuti arah angin ke barat (ke Bondowoso), ” tuturnya.

Diluar itu, gas beracun yang datang dari Kawah Ijen juga disangka terikut aliran Sungai Kalipahit. Sungai itu melewati dusun-dusun tempat beberapa korban menetap.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pelapor Minta Wanita di Video Ancam Penggal Jokowi Ditangkap

Pelapor Minta Wanita di Video Ancam Penggal Jokowi Ditangkap

LembarPeristiwa ~ Pelapor Minta Wanita di Video Ancam Penggal Jokowi Ditangkap. Penyidik Polda Metro Jaya telah ...

   
x