Polda Jatim dan Kemenkumham Berikan Dukungan Moril untuk Tahanan

Polda Jatim dan Kemenkumham Berikan Dukungan Moril untuk Tahanan

Sharing is caring!

LembarPeristiwa ~ Polda Jatim dan Kemenkumham Berikan Dukungan Moril untuk Tahanan. Penegakan hukum yang dilakukan jajaran Polda Jawa Timur diikuti dengan pemberian motivasi terhadap para tahanan. Ini terlihat dari upayanya memberikan penyuluhan dan motivasi dalam program 45 Menit. Program yang dilakukan bersama Kementerian Hukum dan HAM itu menghadirkan ahli psikologi dan motivator Ayu Quilla.

“Setiap tahanan memiliki hak untuk konselling dari Komnas Perempuan dan dari hipnoterapis Gavra Mandiri,” ujar Ayu saat dihubungi melalui telepon, Minggu (24/3/2019).

Kegiatan yang digelar Kamis lalu itu bertujuan memberikan dukungan moril pada para tahanan agar tidak mengalami depresi saat menjalani proses hukum. Di tengah-tengah puluhan tahanan perempuan, terlihat juga VA, artis yang sedang tersangkut masalah hukum di Polda Jawa Timur.

“VA ikut hadir. Setidaknya kehadiran VA sekaligus mengklarifikasi pemberitaan miring. Dirinya juga mendapatkan perlakuan yang layak dan mendapatkan hak serupa seperti tahanan lainnya,” jelas Ayu.

Sementara itu, Direskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Ahmad Yusep Gunawan yang dikonfirmasi terpisah mengatakan akan rutin mengadakan program serupa. Langkah itu sebagai bentuk upaya pembinaan mental terhadap para tahanan yang dilakukan sejak masa proses peradilan.

“Proses pembinaan mental terhadap para tahanan perlu dilakukan. Sengaja kami lakukan sejak sebelum masa menjalani hukuman, namun pelaksanaannya tidak mengganggu proses objektivitas peradilan,” terang Yusep di Mapolda Jatim.

Pembinaan Mental

tahanan

Kombes Ahmad Yusep juga mengatakan, Polda Jawa Timur akan terus concern terhadap pembinaan mental para tahanan agar psikologi mereka tidak down saat menghadapi proses persidangan, dari tahap penyidikan hingga penuntutan dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah.

“Kegiatan ini hanya salah satu dari serangkaian program peningkatan mental di jajaran Polda Jawa Timur,” terang pria pencetus E-Tilang di Indonesia itu.

Polda Jatim dan Kemenkumham Berikan Dukungan Moril untuk Tahanan

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kunjungi Sandiaga, Sohibul Iman: Kesehatannya Makin Drop

Kunjungi Sandiaga, Sohibul Iman: Kesehatannya Makin Drop

LembarPeristiwa ~ Kunjungi Sandiaga, Sohibul Iman: Kesehatannya Makin Drop. Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman ...

   
x