NATO Umumkan Penambahan Jumlah Negara Anggotanya di Eropa

NATO Umumkan Penambahan Jumlah Negara Anggotanya di Eropa

Sharing is caring!

LembarPeristiwa ~ NATO Umumkan Penambahan Jumlah Negara Anggotanya di Eropa. Aliansi pertahanan terbesar di Antlantik Utara, NATO, dikabarkan memperluas keanggotaannya dari 29, menjadi 30 negara atau lebih. Kebijakan itu akan resmi berlaku pada agenda pertemuan tahunannya yang digelar bulan depan.

Dikutip dari VOA Indonesia pada Selasa (26/6/2018), salah satu alasan penambahan kuota anggota itu adalah karena yunani dipastikan segera menyelesaikan perselisihan bertahun tahun dengan bekas Republik Yugoslavia Makedonia, dikarenakan nama belakang negara itu serupa dengan salah satu wilayah historis Negeri Seribu Dewa.

Nato akan menerima keanggotaan Republik Yugoslavia Makedonia jika negara itu berkenan menyelesaikan sengketa nama dengan Yunani, guna menghindari konflik klain wilayah di kemudian hari.

Bagi NATO yang mengadakan KTT tahunan bulan depan di Brussles, lebih banyak negara anggota berarti punya kemampuan lebih besar untuk mendorong tujuan bersama dalam menghadapi tantangan baru.

“Ketika orang orang khawatir tentang NATO, ancaman Rusia, perpecahan di dalam G-7, dan banyak ketidakpastian tentang apa yang dilakukan Amerika terhadap sekutu sekut Eropanya, saya pikir ini menunjukan bahwa kerjasama itu masih berlangsung, dan NATO masih relevan,” ujar Damon Wilson dari Dewan Atlantik.

Garret Martin, pakar kebijakan luar negeri dari American University, mengatakan perluasan NATO tetap relevan, mengingat dalam beberapa waktu terakhir, Rusia kuan memperkuat pengaruhnya di Eropa.

“Tentu saja peristiwa Georgia dan Ukraina pada masa lalu memberi kesan bahwa mungkin perluasan merupakan sesuatu yang tidak penting lagi. Tetapi secara simbolis, hal itu penting bagi NATO untuk menunjukan bahwa lembaga itu masih merupakan aliansi kuat, dan masih terus tumbuh,” ujar Martin berpendapat.

NATO Umumkan Penambahan Jumlah Negara Anggotanya di Eropa

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sandara Park Lakukan Adegan Ciuman 50 Kali dengan Lee Min Ho

Sandara Park Lakukan Adegan Ciuman 50 Kali dengan Lee Min Ho

LembarPeristiwa ~ Sandara Park Lakukan Adegan Ciuman 50 Kali dengan Lee Min Ho. Jakarta Sandara Park ...

   
x