Airlangga-Jokowi Lobi Politik di Kebun Raya
Airlangga-Jokowi Lobi Politik di Kebun Raya

Airlangga-Jokowi Lobi Politik di Kebun Raya

Sharing is caring!

Airlangga-Jokowi Lobi Politik di Kebun Raya

Lembar Peristiwa – Kebun Raya Bogor jadi saksi pertemuan pada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto serta Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Sabtu 24 Maret pagi. Kenakan pakaian berolahraga, mereka jalan bersama-sama sambil terlibat perbincangan.

Jokowi sendiri menggunakan kaos kuning celana hitam, sedang Airlangga kenakan kaos polo putih dengan celana hitam.

Kadang-kadang mereka menegur beberapa warga yang tengah olahraga. Beberapa warga juga mengajak bersalaman serta berswafoto dengan ke-2 tokoh itu.

Keduanya membahas beberapa hal pada pertemuan itu. Diantaranya masalah calon wapres Jokowi di Pilpres 2019, tema sebagai sorotan sekarang ini.

” Ya bercakap yang bebrapa enteng, bercakap tentang Golkar, tentang cawapres, bicara problem negara, ya beberapa macam wong namanya sembari jogging kan tidak apa apa. Yang bebrapa enteng saja, ” kata Jokowi di Bogor, Sabtu.

Menurutnya, perbincangan baru hanya persyaratan cawapres Pilpres 2019, belum juga ke orangnya. ” Di internal kita sendiri itu juga belum juga rampung, ” kata Jokowi.

Airlangga menuturkan persyaratan pendamping Jokowi yang dikehendaki Golkar pada pertemuan itu. Dia menginginkan Jokowi mengakomodasi hasrat kadernya berkaitan Pilpres 2019.

” Ya pasti yang dapat mensupport Pak Presiden serta ke-2 keduanya sama dapat melindungi integrasi bangsa, ” tutur Airlangga.

Dia juga menyerahkan pilihan cawapres pada Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang sudah di dukung untuk maju kembali ke Pilpres 2019. Dia serta Golkar akan yakin pada pilihan Jokowi.

” Tidak, itu bergantung Ayah Presiden. Yang pasti infrastruktur Partai Golkar juga akan mengawal NKRI, ” kata Airlangga Hartarto.

Tetapi, dia menyebutkan siap bila Jokowi menginginkannya jadi cawapres di Pilpres 2019.

Tempo hari, Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono juga mengungkap unek-uneknya masalah calon pendamping Jokowi. Dia menginginkan Jokowi serta tim spesial yang mencari cawapres bekas Gubernur DKI Jakarta itu, memperhitungkan calon dari kader Golkar.

” Untuk capres, kita kan mensupport Jokowi. Cuma ya pasti diinginkan sekali support dari Golkar itu di buat, jadi mesti diperhitungkan supaya cawapresnya itu datang dari kader Golkar, ” ucap Agung di sela-sela Rakernas Golkar, Jakarta, Jumat 23 Maret 2018. c

Wakil Presiden Juiceuf Kalla menilainya ada banyak hal yang perlu dipunyai seorang untuk dapat jadi cawapres Jokowi di Pilpres kelak. Satu diantaranya, menurut politikus senior Partai Golkar ini, yaitu mesti memiliki pengalaman serta menambah elektabilitas Jokowi. Bukan sekedar itu, cawapres Jokowi mesti miliki persyaratan mungkin saja Presiden.

” Ada persyaratan pokok, pertama dapat menaikkan elektabilitas, bukan sekedar ikuti elektabilitasnya tapi mesti menaikkan, menaikkan konstituen jadi mesti di kenal, mesti baik, mesti ada pemilihnya. Mesti dapat jadi (sosok) presiden, ” kata JK selesai menghadiri Rakernas Golkar, Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2018).

Lalu, saat di tanya apakah Airlangga layak jadi calon mengikuti Jokowi berkaitan persyaratan itu? JK mengklaim terdapat banyak kecocokan.

” Itu beberapa hal yang pas. Tinggal usaha saja, ” kata JK.

Direktur Indonesian Umum Institute (IPI) Karyono Wibowo menilainya Airlangga serta Jokowi tetap dalam penjajakan berkaitan Pilpres 2019. Terutama, Jokowi memanglah harusnya mulai menimbang profil cawapres yang pas untuk mendampinginya.

” Menurut saya pertemuan itu umum saja. Jikalau ada kajian masalah tempat cawapres menurut saya masih tetap pada step penjajakan. Tempat Jokowi mulai sekarang ini memanglah butuh selekasnya menimbang siapa profil cawapres yang pas. Sebelumnya ditetapkan butuh prakondisi supaya kondisinya smooth, tidak gaduh, ” tutur Karyono.

Pengamat Politik dari Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, menyebutkan bukanlah mustahil Airlangga tengah melobi Jokowi. ” Bukanlah mustahil juga Airlangga saya fikir juga tengah coba melobi Jokowi untuk tawarkan cawapres pada Pak Jokowi dari kader Golkar, ” kata Chaniago

Tetapi butuh diingat, sambung dia, penentu cawapres bukanlah otoritas tunggal Jokowi. Ada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri jadi veto player PDIP serta parpol yang tergabung dalam koalisi pengusung Jokowi.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jokowi Ungkap Kriteria Menteri Kabinet Periode Kedua

Jokowi Ungkap Kriteria Menteri Kabinet Periode Kedua

LembarPeristiwa ~ Jokowi Ungkap Kriteria Menteri Kabinet Periode Kedua. Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku mempunyai ...

   
x